Fakta Pahit Dunia Kita Kini

MENGAPA percaturan politik, jejaring sosial dan tatanan kehidupan secara umum di dunia kita terlihat banyak konflik yang tak bersolusi, kabar yang tak bereferensi dan masalah-masalah yang tak mendapatkan bagusnya atensi?

Ada banyak kemungkinan jawaban untuk pertanyaan panjang itu. Saya ingin share satu jawaban yang membuat saya sedih sekali saat menyadarinya sebagai fakta: "The problem with the world is that the intelligent people are full of doubts while the stupid ones are full of confidence." (Masalah dengan dunia kini adalah bahwa orang-orang cerdas penuh dengan keraguan, sementara orang-orang bodoh penuh percaya diri)

Ada banyak di media publik, orang-orang tak berpendidikan berbicara lantang tentang tatanan hukum dan tatanan politik. Rujukannya bukan teori melainkan kepentingan diri dan kelompoknya. Itupun adalah kepentingan sesaat. Disebut sesaat karena saat dirinya pindah ke kelompok lain maka cara bicara dan muatan katanya adalah berbeda karena mengikuti kepentingan yang baru.

Sementara itu para cerdas cendekia masih tetap diam dalam keraguannya untuk tampil ke publik, tak menuliskan kebenaran dan tak mengungkapkannya secara verbal. Teringatlah saya pada dawuh Imam Ali menantu Rasulullah bahwa diamnya orang alim atas ketidakbenaran akan dijadikan dalil pembenar ketidakbenaran itu.

Jangan biarkan ruang udara didominasi oleh suara orang-orang bodoh. Viralkan suara para alim, cerdas cendekia. Jangan biarkan ruang publik dipenuhi oleh gerombolan mafia tak berotak, penuhilah dengan para arif bijaksana yang mampu mengawal dunia ini menjadi lebih damai. Salam, AIM. [*]



Sumber: Inilah.com
loading...