Mahershala Ali Bangga dengan Keislamannya

Perubahan hidup itu terjadi saat dirinya menempuh pendidikan di sekolah pascasarjana

REPUBLIKA.CO.ID,Oleh: Ratna Ajeng Tedjomukti

JAKARTA -- Mahershala Ali memiliki nama asli Mahershalalhashbaz Gilmore. Dia lahir 16 Februari 1974 di Oakland, California, AS. Aktor Amerika ini menjadi terkenal pada tahun 2010 dan memenangkan Academy Award untuk penampilannya sebagai Juan, seorang pedagang obat-obatan di Film Moonlight (2016).

Ali dibesarkan di Hayward, California. Ibunya adalah seorang pendeta. Ayahnya meninggalkan keluarga ketika Ali masih balita untuk mengejar karier sebagai penari.

Ali memenangkan beasiswa bola basket untuk menempuh pendidikan di St. Mary's College of California.

Saat di sana, dia mulai berpartisipasi dalam berpuisi dan menjadi aktor drama Spunk (berdasarkan cerita oleh Zora Neale Hurston). Pengalaman ini melahirkan impian untuk menjadi aktor masyhur.

Setelah lulus (1996) dengan gelar sarjana komunikasi, Ali magang di California Shakespeare Festival dan kemudian mendaftar di Tisch School of the Arts New York University dan mendapat gelar M.F.A. di tahun 2000.

Setelah lulus, dia berperan sebagai pemeran utama dalam film independen kecil Making Revolution (2003). Selain itu, dia memenangkan pujian atas perannya sebagai petinju Jack Johnson dalam produksi tahun 2000 The Great White Hope di Arena Stage di Washington, D.C.

Ali menghabiskan satu musim (2001- 02) sebagai pemeran pendukung acara televisi Crossing Jordan. Dia terus tampil dalam peran tamu di acara TV dan menjadi anggota pemeran serial TV sci-fi tahun 2004-2007, The 4400.

Dia juga tampil di film populer The Curious Case of Benjamin Button(2008). Peran penting lainnya termasuk bagian yang berulang (2011-12) dalam drama TV Treme yang diterima dengan baik dan karakter Boggs, sekutu Katniss (Jennifer Lawrence)dalam film The Hunger Games:Mockingjaybagian 1 (2014) dan bagian 2 (2015). Selain itu, dia merilis album rap Corner Ensemble(2006) dan Curb Side Service(2007).

Ali mendapat perhatian luas dan me nguntungkan untuk perannya dari Remy Danton di House of Cardsseri Netflix yang populer. Pada 2016 dia dinominasikan un tuk Emmy Award untuk peran itu.

Dia juga memenangkan pujian atas penampilannya sebagai mantan budak yang menjadi aktivis politik dalam film Free State of Jones(2016). Selain perannya yang memenangkan penghargaan di Moonlight, Ali pada tahun 2016 me main kan "Stokes" Cottonmouth "yang keji dalam seri superhero Luke Cagedan minat cinta ma tematikawan Katherine Johnson (diperankan oleh Taraji P. Henson) dalam film Hidden Figures( 2016).



Sumber: Republika.co.id
loading...