Masjid Id Kah Tertua di Kashgar

Masjid ini merupakan gambaran dari arsitektur Islam tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Masjid Id Kah adalah salah satu masjid tertua yang berada di Cina. Masjid ini terletak di alun-alun di Kashgar City, Daerah Otonomi Xinjiang.

Nama Id Kah sendiri berarti "Tempat berdoa dan merayakan hari raya". Dibangun oleh Saqsiz Mirza pada 1442, awalnya masjid ini hanyalah sebuah bangunan ibadah yang kecil.

Beberapa renovasi dan pemugaran telah membuat masjid ini menjadi salah satu masjid terbesar di Cina saat ini. Dilansir dari Farwest China, tanah di mana masjid Id Kah dibangun awalnya digunakan sebagai kuburan pada 996.

Namun pada 1442 oleh Saqsiz Mirza, penguasa di Kashgar saat itu, lahan ini diubah menjadi ruang berdoa sederhana bagi masyarakat untuk mendoakan sanak saudaranya yang telah meninggal dunia.

Masjid ini, dilansir dari Travel China Guide, memiliki komplek halaman seluas 16.800 meter persegi. Komplek ini terdiri dari ruang untuk shalat, halaman, menara gerbang, dan beberapa struktur lainnya yang terpampang.

Di dalam gerbang ada halaman yang luas. Di dalamnya, pohon-pohon poplar mencapai langit dan pinus tumbuh menjulang. Seluruh halaman sangat teduh, membuat Anda sejuk dan nyaman seolah-olah Anda berada di lingkungan ber-AC. Kolam dengan air jernih adalah cermin terang yang dikelilingi oleh pepohonan hijau.



Sumber: Republika.co.id
loading...