Warisan Budaya Kuliner Ottoman

Kesultanan Turki Usmani (Ottoman) mewariskan beragam kuliner yang khas.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ratna Ajeng Tejomukti

Kesultanan Turki Usmani (Ottoman) mewariskan beragam kuliner yang khas. Kuliner warisan istana Ottoman merupakan kombinasi dari beragam makanan khas di wilayah yang pernah dikuasai kekhalifahan Islam itu.

Kuliner Ottoman adalah campuran makanan Arab, Afrika Utara, Balkan, Laut Hitam Utara, Anatolia, Kepulauan Aegea, Kaukasus dan Persia.Kuliner Ottoman mencapai puncak kejayaan nya pada abad ke-16, saat ekonomi dan poli tik adidaya itu berada di puncak keemasannya.

Kekhasan rasa kuliner warisan Ottoman ada pada rempah-rempahnya.Pada akhir abad ke-15 M, istana Kesultanan Ottoman menggunakan 20 jenis rempah-rempah untuk aneka makanan yang dihidangkan.Namun, pada kuartal terakhir abad ke-16, jumlah rempah-rempah yang digu- nakan untuk memasak aneka hidangan istana Ot- toman bertambah menjadi 200 jenis.Meningkatnya peng gunaan jumlah rempah-rempah menunjukkan begitu tingginya selera kuliner dinasti ini.

Tingginya selera Istana Ottoman juga diperkaya dengan budaya kuliner kesultanan yang pernah menjadi adidaya dunia itu.Berikut ini adalah tiga budaya kuliner di lingkungan Istana Ottoman pada masa kejayaannya seperti dikutip dari laman muslimheritage.com:



Sumber: Republika.co.id
loading...