Dave Chapelle: Islam Menjadi Solusi Kehidupanku

Butuh usaha sepanjang hidup untuk terus memahami ajaran Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ratna Ajeng Tejomukti

David Khari Webber Chappelle lahir di Was hington, DC pada 24 Agus tus 1973. Dia meru pakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Ayahnya, William David Chappelle III, bekerja sebagai ahli statistik sebelum menjadi profesor di Antioch College di Yellow Springs, Ohio.

Ibunya, Yvonne K Chappelle Seon adalah profesor di Howard University, Prince George's Community College, dan University of Maryland. Chappelle memiliki ibu dan saudara tiri. Kakek buyutnya adalah Uskup William D Chappelle yang melayani sebagai presiden Universitas Allen.

Chappelle dibesarkan di Silver Spring, Maryland, dan menempuh pendidikan di Woodlin Elementary School. Orang tuanya aktif berpolitik praktis, dan sering melakukan kunjungan bersama artis dan aktivis sosial Pete Seeger dan Johnny Hartman.

Hartman meramalkan Chappelle akan menjadi pelawak. Inspirasi lawak Chappelle datang dari Eddie Murphy dan Richard Pryor. Setelah orang tuanya berpisah, Chappelle tinggal di Washington bersama ibunya dan akan menghabiskan musim panas bersama ayahnya di Ohio. Pada 1991, dia lulus dari Sekolah Seni Duke Ellington di Washington, tempat dia belajar seni teater.

Chappelle menikahi Elaine Mendoza Erfe pada 2001. Mereka tinggal ber sama dengan dua putra mereka dan put ri nya, Sanaa, di sebuah peternakan seluas 26 hektare dekat Yellow Springs, Ohio. Dia juga memiliki beberapa rumah di Xenia, Ohio.



Sumber: Republika.co.id
loading...