Jejak Nabi Yusuf

Kisah Yusuf AS mengajarkan hikmah dan pelajaran berharga sejak kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Yusuf AS merupakan salah satu nabi yang memiliki kedudukan istimewa dalam tiga agama samawi, yakni Yahudi, Kristen, dan Islam. Putra dari Nabi Ya'qub tersebut diperintahkan berdakwah untuk bangsa Kan'an dan Firaun di Mesir. Kisahnya diabadikan dalam Alquran. Nama Yusuf terulang sebanyak 27 kali dalam Alquran.

Kisah Yusuf AS mengajarkan hikmah dan pelajaran berharga sejak kecil. Mulai dari kisah pembuangannya ke sumur oleh saudara-saudaranya yang merasa iri dan cemburu, diselamatkan oleh kafilah dagang, hingga akhirnya menjadi pemimpin hebat di Mesir. Allah SWT memberikan mukjizat berupa kemampuan menakwilkan mimpi.

Alquran surah Yusuf ayat 43 mengisahkan keberhasilannya menakwilkan mimpi raja Mesir ketika itu yang melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering. Mimpi tersebut ditafsirkan dengan datangnya masa paceklik dan pentingnya persiapan menghadapinya. Berikut beberapa titik situs dalam sejarah Nabi Yusuf AS.



Sumber: Republika.co.id
loading...