Seorang Muslim Harus Produktif

SEORANG muslim haruslah produktif. Jangan sampai kita menyia-nyiakan waktu dengan melakukan hal yang tidak bermanfaat atau mudarat. Sebisa mungkin, waktu seorang muslim haruslah selalu dihabiskan dengan segala sesuatu yang bernilai ibadah, baik pagi, siang, ataupun malam. Merangkum dari laman productivemuslim.com, berikut ini merupakan tips praktis ala Rasulullah dalam memanfaatkan waktu di malam hari, di mulai dari waktu Maghrib tiba.

Melaksanakan salat sunah qabliyah sebelum Magrib.

1. Melaksanakan salat Magrib di awal waktu.

2. Tidak memberikan ceramah atau berbincang setelah salat. Namun, tergantung dengan situasi. Jika memang ada acara ceramah singkat dengan jemaah di masjid, Anda tentu tetap dapat melakukannya.

3. Melaksanakan salat sunah badiyah setelah Magrib.

4. Makan malam bersama keluarga atau kerabat. Jangan lupa untuk mengikuti sunah-sunah, seperti membaca basmallah sebelum memulai, makan dengan tangan kanan dan menggunakan tiga jari, mengambil makanan yang terdekat dengan posisi duduk, membersihkan jari dari makanan yang tertinggal dengan mulut, dan mengucapkan hamdalah setelah makan.

5. Berbincang santai di sela-sela waktu makan malam. Ini adalah waktu yang tepat setelah seharian masing-masing anggota keluarga memiliki aktivitas yang berbeda.

6. Melaksanakan salat Isya dan jangan telat bagi yang menjadi imam di masjid.

7. Melaksanakan salat sunah setelah Isya.

8. Menghabiskan waktu bersama keluarga atau kerabat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan waktu ini untuk menyelesaikan tugas atau membuat rencana esok hari.

9. Menghabiskan waktu bersama pasangan sebelum tidur. Di sini Anda bisa memperbincangkan berbagai topik, mulai dari membahas seputar anak-anak, sampai hal-hal ringan seperti rencana liburan keluarga.

10. Melakukan dzikir sebelum tidur. [An Nisaa Gettar]

Selamat mencoba!



Sumber: Inilah.com
loading...