Yang Harus Dilakukan dan yang Tidak

ENAKNYA duduk berbincang dengan orang alim agama adalah kita bisa mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga untuk hati kita, untuk akhirat kita. Tak ada ruginya dekat dengan mereka, yang ada adalah keuntungan dan keberuntungan. Ada banyak kisah tentang ini. Kali ini, saya ingin kisahkan bincang-bincang para jamaah dengan Syekh Bakr al-Muzani.

Syekh Bakr al-Muzani adalah seorang tabiin yang alim dan wara', tak hanya menguasai keilmuan tapi juga menguasai dirinya sendiri. Dalam bincang-bincang bersama para jamaahnya beliau berkata: "Kalian harus melakukan suatu hal yang jika kalian benar maka kalian dapat pahala dan jika kalian salah maka kalian tak berdosa."

Tak berhenti di situ mutiara hikmahnya. Beliau melanjutkan: "Berhati-hatilah kalian dengan sesuatu yang jika kalian benar kalian tak mendapat pahala, sementara jika kalian salah maka kalian berdosa." Para jamaah bertanya apa yang dimaksud dengan yang harus hati-hati ini. Beliau menjawab: "Suu'al-Dzan (buruk sangka). Walau kalian benar, itu tak berpahala. Jika kalian salah, sungguh kalian berdosa."

Sahabatku dan saudaraku. Walau kita sedang tak bersama dengan Syekh Bakr karena kita beda zaman, semoga rahmat Allah senantiasa terlimpahkan kepada kita karena kita bercerita dan mengambil hikmah dari hamba Allah yang alim ini. Salam, AIM. [*]



Sumber: Inilah.com
loading...