Bolehkah Berwudu saat Haid?

ADAPUN perbuatan yang haram dilakukan oleh wanita yang sedang haid, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Alquran dan As-sunnah antara lain adalah:

2. Berwudu atau Mandi

As Syafi`iyah dan al-Hanabilah mengatakan bahwa "wanita yang sedang mendapatkan haid diharamkan berwudu dan mandi janabah". Maksudnya adalah bahwa seorang yang sedang mendapatkan haid dan darah masih mengalir, lalu berniat untuk bersuci dari hadats besarnya itu dengan cara berwudhu' atau mandi janabah, seolah-olah darah haidhnya sudah selesai, padahal belum selesai. Sedangkan mandi biasa dalam arti membersihkan diri dari kuman, dengan menggunakan sabun, shampo dan lainnya, tanpa berniat bersuci dari hadas besar, bukan merupakan larangan.

3. Puasa

Wanita yang sedang mendapatkan haid dilarang menjalankan puasa dan untuk itu ia diwajibkannya untuk menggantikannya di hari yang lain. Dari Abi Said Al-Khudhri radhiallahu 'anha berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Bukankah bila wanita mendapat haid, dia tidak boleh salat dan puasa?" (HR Muttafaq 'alaihi)

[baca lanjutan]



Sumber: Inilah.com
loading...