Kisah 2 Kain Beludru yang Murah dan Mahal

BUKTI kecerdasan Iyas bin Muawiyah bin Qurrah al-Muzanni terlihat pula dalam kasus berikut:

Ada dua orang yang berselisih lalu mengadukan persoalan kepadanya tentang dua kain beludru yang biasa diletakkan di atas kepala dan dijulurkan hingga ke bahu. Yang satu berwarna hijau, masih baru dan mahal harganya, sedangkan yang lain berwarna merah dan telah usang.

Si penuduh berkata, "Suatu ketika saya istirahat di sebuah sungai untuk mandi, lalu aku letakkan beludru milikku yang berwarna hijau bersama bajuku di pinggir telaga. Lalu datanglah orang ini dan meletakkan beludrunya yang berwarna merah di samping beludruku lalu terjun ke telaga. Lalu dia selesai sebelum aku selesai selanjutnya dia memakai bajunya namun mengambil beludru milikku lalu dipakaikan di kepalanya dan langsung beranjak pergi. Ketika aku selesai kuikuti dia dan aku meminta kembali beludruku, namun dia mengatakan bahwa beludru tersebut miliknya.

Iyas berkata kepada lelaki yang dituduh: "Bagaimana komentar Anda?" dia menjawab, "Tidak demikian sebenarnya." Kemudian Iyas berkata kepada penjaga, "Ambilkan aku sebuah sisir." Lalu diambilkanlah sisir untuk beliau. Selanjutnya Iyas menyisir kedua rambut kepala orang tersebut, lalu keluarlah dari rambut salah seorang dari mereka bulu halus berwarna merah tercecer dari beludru merah, yang satunya lagi keluar bulu halus yang berwarna hijau, lalu memutuskan beludru yang merah bagi yang tercecer di rambut kepalanya bulu kain merah dan beludru hijau bagi yang tercecer bulu kain hijau di kepalanya.

[baca lanjutan]



Sumber: Inilah.com
loading...