Belajar dari dari Kitab Ghara'ib Al-Funun

Ghara'ib al-Funun mengungkap konsep Islam tentang astronomi dan geografi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah manuskrip mengantar ke gerbang pengetahuan.  Sepenggal judul tertoreh dalam manuskrip tersebut, yaitu kitab Ghara'ib al-Funun wa-Mulah al-'Uyun. Isinya, mengungkap konsep Islam tentang astronomi dan geografi, dilengkapi serangkaian peta berwarna.

Sayang, tak diketahui siapa sang cendekia yang menuangkan kekayaan pengetahuannya ke dalam manuskrip itu. Hal yang jelas, manuskrip ditulis pada paruh pertama abad ke-11 dan menggunakan sumber-sumber ilmu pengetahuan dari abad ke-10.

Kitab Ghara'ib al-Funun wa-Mulah al-'Uyun disusun antara 1020 dan 1050 Masehi, kemungkinan di Mesir. Kemudian, judul manuskrip ini diterjemahkan menjadi The Book of Strange Arts and Visual Delights. Namun, akhirnya lebih populer dengan sebutan The Book of Curiosities.

Salinan naskahnya tersimpan di Perpustakaan Bodleian, Universitas Oxford, Inggris. Dalam kitab Ghara'ib al-Funun wa-Mulah al-'Uyun, terdapat ilustrasi peta dan diagram yang merupakan karya besar pada masanya.

Selain uraian dalam bentuk tulisan karya ini juga memuat banyak ilustrasi. Antara lain dalam bentuk diagram kelompok bintang dan komet, peta dunia berbentuk persegi panjang berskala grafis, peta dunia melingkar dan sejumlah peta tunggal tentang suatu wilayah.

Di antaranya peta sejumlah pulau dan pelabuhan di wilayah timur Mediterania. Termasuk Sisilia, Tinnis, Mahdia, Siprus, dan Pantai Bizantium di Asia Kecil. Juga ada peta lengkap tentang Laut Mediterania, Samudra Hindia, dan Laut Kaspia.

Karya prestisius ini pun memuat peta lima sungai utama, yaitu Sungai Nil, Indus, Oxus, Eufrat, dan Tigris. Kitab ini merangkum karya astronom, sejarawan, dan penjelajah Muslim antara abad ke-9 dan ke-11 yang karyanya tak banyak ditemukan atau hanya dalam bentuk fragmen.



Sumber: Republika.co.id
loading...