Contoh Safar yang Berbuah Nilai Ibadah

CONTOH safar yang mubah yang bisa bernilai ibadah:

- Safar yang diisi dengan amalan shalih seperti zikir dan doa.
- Jalan-jalan ke luar kota dan dituju adalah Pondok Pesantren Sunnah, di sana bisa menggali ilmu agama walau nantinya punya tujuan untuk berekreasi ke pantai atau lainnya.
- Safar sambil bakti sosial pada masyarakat miskin. Walau ada liburannya, namun bisa raih pahala.
- Mengambil waktu rehat setelah beraktivitas panjang agar setelah mengambil rehat lebih semangat beraktivitas untuk memperdalam ilmu agama, giat ibadah dan berdakwah. Ini yang ditemukan pada sebagian ulama atau ustadz. Ada waktu luang mereka yang mereka gunakan untuk berekreasi biar lebih semangat lagi dalam aktivitas dakwah.

Beberapa contoh di atas menunjukkan bahwa dengan niatannya itulah yang menjadikan safar tersebut menjadi ibadah. Begitu pula waktu luang di saat safar bisa dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat seperti membaca Al-Quran, membaca buku Islam yang bermanfaat atau lebih canggih lagi browsing situs-situs Islam.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu; dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam; beliau bersabda, "Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat." (HR. Tirmidzi, no. 2317; Ibnu Majah, no. 3976. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah. [Muhammad Abduh Tuasikal]



Sumber: Inilah.com
loading...