Dosa Diampuni Sebab Berwudhu di Rumah

MENDATANGI masjid atau mushola untuk hadir shalat berjamaah memiliki keutamaan yang sangat besar di sisi syariat. Apabila seseorang melakukan hal tersebut dalam kondisi sudah berwudhu dari rumah, maka ia memiliki keutamaan yang lebih besar lagi.

Terdapat hadits Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam yang bersumber dari sahabat Abdullah bin Masud radliyallahu anhu, bahwa Nabi bersabda, "Jika seseorang berwudhu dengan sempurna, kemudian menuju masjid, maka Allah akan mencatat setiap langkahnya sebagai pahala untuknya, mengangkat derajatnya, dan menghapuskan dosanya,.." (HR. Muslim).

Sedangkan sahabat Utsman bin Affan radliyallahu anhu menyampaikan bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Siapa yang berwudhu untuk shalat dan dia sempurnakan wudhunya, kemudian dia menuju masjid untuk shalat fardhu. Lalu dia ikut shalat berjamaah atau shalat di masjid maka Allah mengampuni dosa-dosanya,". (HR. Muslim)

Maka selayaknya sebagai seorang mukmin yang bersemangat dan penuh kecemburuan terhadap sunnah Nabi, hendaknya ia berusaha untuk mentaati dan lebih mencocoki sunnah Nabi yang mulia. Shalat berjamaah di masjid jelas memiliki keutamaan tak kecil, melengkapinya dengan berwudhu dari rumah, maka ia mendapatkan lebih banyak keutamaan.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua. [*]



Sumber: Inilah.com
loading...