Jika Kau Menjadi Orang Kaya! (bagian 1)

ANDAI kita jadi orang kaya, apa yang mesti kita lakukan:

1- Harus diingat bahwa harta itu akan ditanya dari mana diperoleh dan ke mana disalurkan

Dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai: (1) umurnya di manakah ia habiskan, (2) ilmunya di manakah ia amalkan, (3) hartanya bagaimana ia peroleh dan (4) di mana ia infakkan dan (5) mengenai tubuhnya di manakah usangnya." (HR. Tirmidzi no. 2417, dari Abi Barzah Al Aslami. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

2- Sudahkah keluarkan nafkah yang wajib?

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Seseorang cukup dikatakan berdosa jika ia melalaikan orang yang ia wajib beri nafkah." (HR. Abu Daud no. 1692. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan.)

3- Sudahkah keluarkan zakatnya?

Allah Taala berfirman, "Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (QS. At-Taubah: 34-35)

[baca lanjutan]



Sumber: Inilah.com
loading...