Langsung Duduk, Malas Salat Tahiyatul Masjid!

ADA lima kesalahan yang sering ditemukan terkait salat berjamaah. Kita tahu bahwa shalat berjamaah sangat ditekankan terutama bagi kaum pria. Namun ada yang belum memahami mengenai aturan-aturan dalam shalat berjamaah. Ada yang hanya memahami ilmu turun-temurun, padahal kita harus bertambah baik dari sebelumnya. Berikut akan dijelaskan lima kesalahan yang sering ditemukan terkait shalat berjamaah.

Ketiga, enggan shalat tahiyatul masjid, langsung duduk. Juga seringnya yang telat datang Jumatan langsung duduk ketika imam sedang berkhutbah tanpa mau mengerjakan shalat tahiyatul masjid dahulu.

Coba perhatikan hadits berikut, "Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, Sulaik Al-Ghathafani datang pada hari Jumat dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sedang berkhutbah, lantas Sulaik masuk masjid lalu langsung duduk." Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di tengah-tengah khutbah berkata padanya,

"Wahai Sulaik, berdirilah, lakukanlah shalat dua rakaat. Kerjakanlah sekedar yang wajib saja dalam dua rakaat tersebut. Kemudian ia berkata, "Jika salah seorang di antara kalian datang pada hari Jumat dan imam sedang berkhutbah, maka lakukanlah shalat dua rakaat. Namun cukupkanlah dengan yang wajib saja (ringkaslah, pen-)." (HR. Muslim, no. 875)

[baca lanjutan]



Sumber: Inilah.com
loading...