Menyikapi Masalah Kehidupan Kita

MASALAH kadang datang tidak diduga. Tapi yang pasti setiap manusia pasti dihinggapi masalah. Manusia tak bisa memilih sendiri masalah apa yang harus terjadi pada dirinya. Namun yakinlah bahwa masalah itu hadir karena adanya suatu alasan.

Saat ada masalah, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengambil air wudlu', kemudian membaca istighfar lalu shalat atau membaca al-Qur'an. Langkah ini adalah langkah utama untuk tidak memperlebar efek masalah pada hal yang tidak diduga.

Langkah kedua adalah mencari tempat bermusyawarah yang tepat untuk mendiskusikan langkah terbaik menghadapi masalah itu. Mulailah dengan niat mencari jalan keluar, bukan niat semakin memperparah masalah. Allah akan memberikan jalan keluar terbaik dari masalah itu. Diskusikan dengan orang yang paham agama, yang tahu tatakrama. Lalu istikharahlah dan bermohonlah yang terbaik.

Tertimpa masalah memang tidak enak. Hati sakit dan kepala panas. Pulangkanlah semua masalah kepada Allah yang tahu segalanya dengan pengetahuan sempurna. Mintalah maaf jika kita pada pihak yang bersalah, memaafkanlah jika kita di pihak yang terdzalimi. Semoga kita semua diparingi kesabaran menjalani ujian. Bismillaah. Salam, AIM. [*]



Sumber: Inilah.com
loading...