Islam Menghukum Suami Tidur di Luar Rumah

SUAMI adalah pemimpin sebuah keluarga. Bahtera rumah tangga akan berjalan baik tergantung dari sang nakhodanya dalam memimpin. Suami sejatinya dapat membimbing istrinya untuk menjadi istri yang saleh.

Namun, sayangnya saat ini peran suami tersebut beralih fungsi pada aktivitasnya. Suami yang sejatinya selalu membimbing dan memberikan pelajaran kepada istri, namun ia lebih banyak menghabiskan waktunya berada di luar rumah. Bahkan tak jarang ia sampai tidur di luar rumah.

Islam menghukumi suami yang tidur diluar rumah dibedakan dalam dua kondisi. Pertama, jika suami tidur di luar rumah demi maslahat umum atau untuk manfaat diri sendiri dan anak-anak maka tidurnya ini merupakan ketaatan dan ibadah yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.

Kedua, jika suami tidur di luar rumah semata mengikuti hawa nafsu atau menaati teman-temanya yang buruk, atau bermalam bersama orang yang lalai (para pemabuk atau penjudi), maka dengan itu ia berdosa dan jauh dari Allah SWT. Bahkan hal itu bisa jadi akan mengeluarkannya dari agama jika ia memang menghalalkan perbuatan-perbuatan tersebut. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan jiwa dan keburukan amal perbuatan. Karena itu hendaknya ia bertobat dan kembali kepada Allah sebelum mematikannya secara tiba-tiba dan termasuk ke dalam orang yang merugi.

Sementara sebagai seorang istri jika suami melakukan hal seperti di atas, maka sebagai seorang istri hendaknya ia menjadi istri yang jujur, saleh, serta pemberi nasihat. Menasihatinya karena Allah dan mengingatkannya akan azab Allah. Sebab, suami adalah ayah bagi anak-anaknya. Sehingga kerugian bagi dirinya dan keselamatannya adalah keselamatan baginya. Allah berfirman:

"Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar lagi keras," (At Tahrim:6).

Untuk itu hendaknya istri bersabar dan senantiasa mengharapkan pahala dari Allah SWT. Waallahualam []

Sumber: 150 Problem Rumah Tangga yang Sering Terjadi. Karya Nabil Mahmud. Penerbit Aqwam



Sumber: Inilah.com
loading...