Rasulullah SAW Kepala Negara yang Hidup Seperti Rakyat Biasa

Rasulullah memilih hidup sebagai orang bersahaja di tengah kemakmuran rakyatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Muhammad merupakan sosok kepala negara yang layak ditiru seluruh pemimpin di dunia. Beliau tetap hidup seperti rakyat biasa dan sangat sederhana. Beliau selalu ada untuk rakyatnya sepanjang waktu. Tidak ada batas antara Rasulullah SAW dan rakyatnya. Muhammad memilih hidup sebagai orang bersahaja di tengah kemakmuran rakyatnya.

Rasulullah SAW adalah seorang pemimpin termulia di muka bumi yang senantiasa bersikap rendah hati meski berkuasa. Penampilannya sangat jauh dari bayangan seorang raja dengan mahkota di kepala dan tongkat di tangan. Beliau memerintah dengan cara yang menyentuh hati rakyatnya, melalui kepribadian dan akhlak mulia yang beliau miliki.

Menurut Afzalur Rahman dalam Ensiklopedi Muhammad Sebagai Negarawan, tidak ada staf administrasi yang membantu pekerjaan Rasulullah. Tidak ada pula bangunan kantor yang monumental untuknya. Beliau menangani berbagai urusan negara dari masjid atau rumahnya. Tidak ada pula departemen-departemen yang memisahkan antara kelompok eksekutif, legislatif, dan yudikatif. 

Kendati demikian, keadilan ditata sedemikian rupa sehingga seluruhnya diselenggarakan dengan jujur dan tidak berpihak. Keadilan hukum beliau tegakkan tanpa membedakan antara kawan, musuh, atau karib kerabat. 

Seluruh tata administrasi diselenggarakan secara efisien serta tidak ditunda-tunda. Instruksi diberikan kepada para gubernur, petugas pengumpul zakat, administratur, pemimpin angkatan militer, para pemimpin agama (imam), para duta atau wakil urusan, dan para pekerja lainnya di lingkungan pemerintahannya. 

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Rasulullah sama sekali tidak pernah membuat pembedaan apa pun antara penguasa dan rakyat. Walaupun memiliki kekuasaan dan otoritas, Muhammad ikut bekerja keras bersama rakyatnya sehingga orang yang tidak mengenalnya akan sulit mengidentifikasi beliau dari rakyat kebanyakan. 

sumber : Islam Digest Republika


Sumber: Republika.co.id
loading...