Dahsyatnya Doa Nabi Yunus Bagi Siapapun yang Membacanya

Nabi Yunus membaca doa tersebut saat berada di perut ikan.

REPUBLIKA.CO.ID, Kisah Nabi Yunus bin Mata saat berada di perut Paus banyak tertera di kitab-kitab sejarah Islam. Sebagian besar ulama mengamininya. 

Selama berada di perut paus tersebut, Nabi Yunus tak henti-hentinya memanjatkan doa agar Allah SWT menyelematkannya. Doa tersebut pun diabadikan dalam Alquran QS al-Anbiyaa ayat ke-87: 

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

"Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin" : " Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."  

Dalam sejumlah riwayat, Rasulullah membeberkan sejumlah manfaat membaca doa tersebut. Di antaranya riwayat Ahmad, at-Tirmidzi, an-Nasaai dan al-Hakim dalam Nawadir al-Ushul. Bahwa, Rasulullah menyatakan barang siapa membaca doa ini maka permintaannya akan dikabulkan.

Membaca doa ini juga tak terbatas pada permintaan ketika ada hajat tertentu. Rasulullah sebagaimana dinukilkan dari riwayat al-Hakim dari Sa'ad bin Abi Waqash menyebutkan membaca 40 kali doa ini ketika sakit, lalu kemudian dia meninggal, maka dia akan mendapatkan pahala orang yang meninggal syahid. Riwayat ini diambil dari kitab ad-Durr al-Mantsur.   

Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani, dalam kitab Abwab al-Faraj, mengungkapkan para ulama dan wali kerap membaca ayat ini. Ada yang membacanya 40 kali setelah shalat Subuh tanpa terputus sama sekali. Ada yang membaca tiap hari 1.000 kali untuk tujuan akhirat dan duniawi tertentu. 



Sumber: Republika.co.id
loading...