Keindahan Masjid Agung Sultan Qaboos di Oman

Keindahan Masjid Agung Sultan Qaboos terinspirasi dari sejarah Oman.

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT -- Oman memiliki masjid-masjid yang dibangun dengan arsitektur yang indah. Salah satu masjid yang terkenal dan menjadi kebanggaan adalah Masjid Sultan Qaboos, yang dinamai dengan nama Sultan Oman saat ini, Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said.

Total ada 32 masjid yang dinamai dengan nama Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said di semua kegubernuran Oman. Salah satu dari beberapa masjid itu ialah Masjid Agung Sultan Qaboos yang berdiri di kota Salalah.

Masjid Agung ini merupakan salah satu bangunan paling terkenal di ibu kota kegubernuran Dhofar tersebut. Selain tempat ibadah, masjid ini juga kerap menjadi tempat perenungan yang tenang.

Masjid terbesar di Salalah ini patut dikunjungi jika berada di Oman. Tidak sulit untuk menemukan bangunan masjid ini.

Masjid Sultan Qaboos di Salalah terletak di jantung kota. Tidak heran jika masjid ini dikunjungi oleh mereka yang hendak shalat atau sekadar mengagumi keindahan arsitekturnya.

Arsitektur masjid ini sendiri terinspirasi oleh motif budaya dan Islam dari sejarah Oman. Di dalam masjid, terdapat ruang shalat yang dihiasi dengan indah dengan lampu kristal, karpet tenunan tangan dalam nuansa hijau, dan dinding bermotif.

Tidak heran, jika setiap hari masjid dengan menara yang menjulang ini menyambut ribuan jamaah untuk beribadah shalat. Jam berkunjung masjid dibuka dari pukul 08.00 hingga 11.00 waktu setempat.

Bagi pengunjung non-Muslim, mereka akan diminta mengenakan pakaian yang sopan dan menutupi kepala bagi perempuan. "Masjid Sultan Qaboos, masjid terbesar di Salalah yang terletak di pusat kota, merupakan masjid besar yang memiliki komposisi arsitektur yang sangat bagus. Aula ibadah didekorasi dengan sangat indah dengan lampu gantung, karpet hijau dan pola dinding, dan telah dipasang banyak pendingin ruangan. Ada banyak tempat untuk berwudhu," demikian pernyataan dari Bandara Salalah, seperti dilansir di Times of Oman, Rabu (4/12).

Kegubernuran Dhofar memiliki banyak masjid lain yang tersebar di seluruh kota. Di antara masjid tersebut adalah Masjid Aqeel, yang merupakan masjid tertua yang dibangun pada 1779. Arsitektur geometris dan eksteriornya yang serba putih menceritakan kisah-kisah dari masa lalu.



Sumber: Republika.co.id
loading...