Air Zamzam Jangan Asal Diminum, Perhatikan Doa dan Adabnya

Rasulullah SAW mencontohkan doa dan adab ketika meminum Zamzam.

REPUBLIKA.CO.ID, Keistimewaan air Zamzam tak hanya aspek sejarahnya, tetapi juga pada khasiat kesehatan yang bisa diambil dari air Zamzam.  

Nabi Muhammad SAW dalam salah satu sabdanya mengatakan: ''Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air Zamzam. Padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.'' 

Namun bagaimana memaksimalkan khasiat tersebut?  Dalam satu riwayat diamanatkan, agar sewaktu minum air Zamzam kita menghadap ke Ka'bah dengan mengangkat kedua tangan sambil berdoa memohon pada Allah SWT. 

Doa minum air Zamzam sebagai berikut: 

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innii as'aluka ilman naafian wa rizqan waasi'an wa syifaa'an min kulli daa'in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.'' Artinya: ''Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.''

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW senang meminumnya dan tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke sumur Zamzam. Air Zamzam ini juga berkhasiat sebagai obat penyakit. 

Air penyembuh penyakit, baik penyakit jiwa/batin maupun penyakit jasmani. Banyak kisah dan riwayat tentang khasiat air Zamzam. Hal ini sebagai bukti kebenaran hadis di atas.  

Dari hasil penelitian para ahli Hidrologi, air Zamzammengandung sejumlah unsur kimia. Diantaranya, Klorida (CL), Sulfat (SO4), Nitrat (NO3), Nitrit (NO2), Bikarbonat (HCO3), Flour (F), Besi (Fe3+), Mangan (MN), Natrium (Na+), Kalium (K+), Kalsium (Ca2+), Magnesium (Mg 2+), Zat Padat Terlarut (TDS), Zat Organik, dan sejumlah Mikro Organisme (TPK), serta PH.

sumber : Harian Republika


Sumber: Republika.co.id
loading...