40 Makam Ditemukan Saat Restorasi Masjid di Antalya

Masjid di Antalya masuk dalam daftar UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA -- Sebanyak 40 kuburan ditemukan ketika penggalian gerbang madrasah Masjid Yivli Minare di Antalya, Turki. Masjid Yivli Minare merupakan salah satu bangunan ikonik di Antalya dan masuk dalam daftar UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Proyek restorasi Yivli Minare yang dibangun pada 1230 oleh Sultan Kayqubad I dari Kesultanan Seljuk Anatolia telah berlangsung selama 1,5 tahun. Sebanyak 40 kuburan yang ditemukan dalam proses restorasi itu pun telah dipindahkan.  

Direktur regional Yayasan Antalya, Huseyin Cosar mengatakan tengah berupaya melanjutkan penggalian dan mengetahui tata ruang untuk kemudian memindahkan Yivli Minare. Cosar juga menargetkan penyelesaian restorasi Yivli Minare dalam setahun. Cosar mengatakan saat ini tengah memulai penggalian sebuah gerbang madrasah di lokasi itu. 

"Ada taman dan pohon-pohon besar di halaman masjid, itu merupakan kawasan pejalan kaki. Ada juga sebuah madrasah yang punya satu gerbang yang tersisa. Kami memulai penggalian dengan berpikir, 'ayo kita memulai dengan menggali gerbang' dan kami menemukan pondasi madrasah. Saat penggalian berlanjut, kuburan-kuburan itu terlihat. Kami menggali 40 kuburan di titik orang sering hilir mudik berjalan kaki, dan kami memindahkannya. Setelah penggalian, kami berencana membuka lagi daerah itu bagi pengunjung seperti taman arkeologi," kata Cosar seperti dilansir Daily Sabah, Kamis (21/5). 

Cosar menemukan sejumlah data baru dalam setiap penggalian. Ia menemukan ubin menara berusia delapan abad tersapu angin atau hilang oleh faktor-faktor lain yang bisa terlihat selama penggalian.

Cosar juga menerangkan menara masjid Yivli Minare telah menjadi favorit bagi wisatawan asing dan lokal. Ia menambahkan bahwa hal pertama yang terlintas di pikiran orang-orang ketika berbicara Antaya adalah masjid Yivli Minare.

Masjid itu mempunyai menara setinggi 38 meter (124,7 kaki) dengan 90 buah anak tangga. Struktur bangunan menara sendiri terbuat dari batu bata dan ubin berwarna pirus.

Lokasinya berada di dekat Madrasah Kaykhusraw I, Seljuk Madrasah, Mevlevi Lodge, Makam Zincirkiran, dan makam Nigar Hatun. Masjid itu merupakan karya kekuasaan Islam di Turki yang pertama di kota itu. Masjid Yivli Minare yang terkenal dengan bentuknya yang sangat unik dianggap sebagai salah satu bangunan tertua di Anatolia.



Sumber: Republika.co.id
loading...