Gambaran Surga Dikisahkan, tapi Nikmatnya tak Tergambarkan

Allah SWT memberikan gambaran surga tapi nikmatnya tak tergambarkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT menjanjikan ruga bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh. Seperti apa nikmat surga?

Gambaran nikmat surga banyak diabadikan baik dalam Alquran ataupun hadits Rasulullah SAW. Dalam hadits-hadits yang disampaikan Imam Abu Al Husain Muslim bin Al Hajjaj Al Qusyairi An Naisaburi atau Imam Muslim, Rasulullah SAW mengungkapkan nikmat surga yang tidak terbayangkan oleh manusia. Hadits-hadits tersebut tertulis dalam Shahih Muslim.   

Rasulullah mengungkapkan bahwa nikmat surga belum pernah terlintas di benak manusia. Artinya manusia tidak bisa membayangkan betapa nikmatnya surga yang diperuntukkan bagi hamba-hamba Allah yang saleh. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بشر

"Allah SWT berfirman: Aku telah menyiapkan  untuk hamba-hamba-Ku yang saleh sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas di benak manusia untuk hamba-hamba-Ku yang saleh." (HR Muslim)

Hadits ini sesuai dengan surat As Sajdah Ayat 17:  

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan." 

Telah menceritakan kepada kami Harun bin Ma'ruf dan Harun bin Sa'id Al Aili keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahab telah menceritakan kepadaku Abu Shakhr bahwa Abu Hazim telah menceritakan kepadanya, ia berkata: Aku mendengar Sahl bin Sa'id As Sa'idi berkata: Aku menghadiri majlis Rasulullah SAW, dimajlis itu beliau menggambarkan surga hingga usai.

Di akhir pembicaraan Rasulullah SAW bersabda: "Di dalam (surga) ada sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas di benak manusia. Setelah itu Nabi SAW membaca: Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang kami berikan. Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan (surat As Sajdah Ayat 16-17)." (HR Muslim).

 



Sumber: Republika.co.id
loading...