Imam Ghazali Ungkap Alasan Maksiat adalah Khianat pada Allah

Maksiat yang dilakukan hamba sejatinya pengkhianatan kepada Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apabila manusia melakukan suatu maksiat,  sesungguhnya maksiat itu dilakukan dengan menggunakan anggota badan yang merupakan nikmat dari Allah SWT yang dianugerahkan dan diamanahkan kepada manusia.  

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayat Al Hidayah menyampaikan, jika manusia menggunakan anggota badannya untuk melakukan maksiat. Artinya dia menyalahgunakan nikmat yang dianugerahkan Allah sekaligus mengkhianati amanah yang diberikan Allah.  

Imam Al Ghazali mengumpamakan anggota badan manusia sebagai rakyat. Maka manusia sebagai seorang pemimpin bagi semua anggota badannya harus berpikir baik-baik untuk menjaganya.  

يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan." (QS  An Nur: 24).

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ 

"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan." (QS Yasin: 65).

عن ابن عمرعن النبى - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - انه قَالَ – أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda, "Maka kamu semua adalah penggembala (pemimpin) dan kamu semua akan ditanyai tentang pengembalaannya (kepemimpinannya)." (HR  Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar RA). 

Berdasarkan ayat Alquran dan hadits tersebut Imam Al Ghazali menjelaskan, semua anggota badan manusia akan bersaksi atas segala perbuatannya di Padang Mahsyar dengan menuturkan perkataan yang lancar dan terang. 

Anggota badan akan menyampaikan segala rahasia di Padang Mahsyar. Maka jagalah baik-baik seluruh anggota badan agar tidak melakukan maksiat. 



Sumber: Republika.co.id
loading...