Lima Nabi Paling Sabar dengan Gelar Ulul Azmi

Urutan Ulul Azmi dari yang paling utama adalah Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua Nabi dan Rasul adalah orang-orang pilihan yang sabar dan paling berat ujiannya. Di antara 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui terdapat lima Nabi dan Rasul yang dijuluki Ulul Azmi.

Syekh Allamah Muhammab bin Umar an-Nawawi al-Banteni dalam Kitab Syarah Kasyifah as-Saja Fi Syarhi Safinah an-Naja menjelaskan lima Nabi dan Rasul bergelar Ulul Azmi. Menurutnya, wajib bagi mukallaf (Muslim yang sudah dapat dikenai hukum) mengetahui urutan keutamaan Ulul Azmi, karena keutamaan mereka tidaklah sama.

Syekh Nawawi al-Banteni menerangkan, yang dimaksud dengan kata 'Azmi' artinya bersabar dan menanggung beban berat. Bisa juga diartikan dengan 'kemantapan' seperti yang ditafsirkan oleh Ibnu Abbas dalam ayat Alquran.

Urutan Ulul Azmi dari yang paling utama adalah Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Nuh sholawatullah wa salaamuhu 'alaihim ajma'iin. Syekh Nawawi al-Banteni menjelaskan, dari segi keutamaan, setelah Ulul Azmi adalah para Rasul yang lain, kemudian para Nabi yang lain.

Sebenarnya para Rasul dan para Nabi memiliki tingkatan yang berbeda-beda dari segi siapa yang lebih utama di antara mereka di sisi Allah. Tetapi, manusia tidak bisa menentukannya karena tidak ada keterangan yang menjel

Setelah para Ulul Azmi, Rasul dan Nabi, selanjutnya para pembesar malaikat seperti Jibril dan yang lainnya. Kemudian para wali terutama Abu Bakar dan para sahabat yang lain.

Sebab ada hadits Rasulullah berbunyi, sesungguhnya Allah telah memilih atau mengutamakan para sahabatku dibanding makhluk lainnya selain para Nabi dan Rasul. Kemudian memilih para malaikat pada umumnya, kemudian para manusia pada umumnya.



Sumber: Republika.co.id
loading...