Berbagai Fungsi Marketing dalam Dunia Ekonomi

  • Whatsapp
Fungsi Marketing

Marketing dapat dikatakan sebagai faktor utama dalam dunia usaha untuk membangun perekonomian. Dengan adanya marketing, memungkinkan sebuah pelaku usaha untuk meningkatkan konversi penjualan. Namun sebenarnya bukan hanya itu saja yang manfaat dari marketing. Bisa jadi bermanfaat untuk mengenalkan sebuah produk, membangun brand dan mencari pelanggan setia.

Tingkatan dari marketing terbagi menjadi tiga macam, yaitu pimpinan pemasaran, tingkat bisnis dan terakhir operasional. Pada tingkat pimpinan pemasaran umumnya bertugas untuk menganalisa pasar, dukungan pelanggan serta mengawasi jalannya proses marketing tersebut. Sedangkan pada tingkat bisnis bertugas untuk melakukan segmentasi dan target pasar yang ditentukan. Dan terakhir pada tingkat operasional berfungsi untuk melakukan eksekusi dari strategi yang diberikan. Pada umumnya mereka bertanggung jawab untuk melakukan strategi marketing yang telah diberikan.

Fungsi Marketing

Fungsi marketing dapat disimpulkan menjadi 3 bagian. Yang pertama adalah fungsi pertukaran, fungsi perantara dan fungsi distribusi. Mari kita bahas satu persatu dengan lebih terperinci.

1. Fungsi Pertukaran

Jika dilihat dari sistemnya, maka bisa diartikan bahwa marketing mempunyai fungsi pertukaran. Anda akan membelikan sebuah produk kepada pembeli, sedangkan pembeli akan memberikan uang dari pembelian produk tersebut. Bukan hanya itu, pertukaran juga bisa terjadi ketika anda memberikan produk kepada konsumen dan mereka juga akan memberikan produknya kepada anda, istilah ini dikenal dengan nama barter.

2. Fungsi Perantara

Yang kedua adalah fungsi perantara, dimana pada aktivitas marketing terdapat perantara untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Beberapa hal yang harus dipahami mengani fungsi ini adalah pembiayaan, pencarian informasi, pengembangan sebuah produk dan lainnya. Misalnya sebelum transaksi dilakukan, ada perantara terlebih dahulu mengenai kesepakatan harga dan beberapa syarat jika memang diperlukan.

3. Fungsi Distribusi

Fungsi yang terakhir yaitu distribusi, merupakan kegiatan penyebaran suatu produk dari produsen ke konsumen. Distribusi bisa dilakukan dengan berbagai cara, melalui darat, air atau udara, yang jelas tujuan dari fungsi ini adalah menyalurkan produk agar sampai kepada konsumen.

Selain untuk memberikan produk kepada konsumen yang telah sesuai kesepakatan, distribusi juga bisa dilakukan untuk penyimpanan produk. Tujuannya untuk menjaga jumlah pasokan agar tetap stabil.

Tugas Marketing

Setelah mengetahui fungsi dari marketing, selanjutnya kita juga harus tahu apa saja tugasnya. Beberapa tugas marketing sudah sangat umum kita lihat, entah kita menyadari atau tidak.

1. Berperan Sebagai Sales

Tugas utama dari marketing adalah untuk melakukan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Bukan hanya melakukan, namun anda juga bisa meningkatkan konversi penjualan tersebut lebih dari biasanya jika melakukan strategi yang tepat.

2. Sebagai Promosi

Bukan hanya seputar penjualan saja, tugas lain dari marketing adalah sebagai langkah promosi produk, terutama jika ada produk baru. Bagi konsumen, mengenal sebuah produk merupakan hal yang pertama kali dilakukan sebelum melakukan pembelian. Promosi dapat dijalankan dengan SMS masking yang hemat budget.

3. Sebagai Riset dan Pengembangan

Marketing bisa digunakan untuk mengambil beberapa informasi yang akan sangat berguna bagi perusahaan. Infomasi tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengembangkan produknya. Misalkan pada langkah marketing tadi, seorang pelanggan memberikan informasi mengenai kekurangan dari apa yang anda tawarkan, hal itu bisa menjadi langkah awal untuk perkembangan produk tersebut.

4. Sebagai Komunikasi

Dengan adanya pemasaran atau marketing, maka dapat juga dikatakan anda telah melakukan komunikasi kepada calon konsumen. Baik itu komunikasi pasif atau juga komunikasi dua arah.

Itulah tugas fungsi dan tugas penting dari marketing untuk pertumbuhan ekonomi. Jika langkah marketing dilakukan dengan tepat, bisa dipastikan ekonomi perusahaan akan bangkit.

Related posts