Pinjam Teman atau Pinjam Online? Ini Cara Paling Mudah

  • Whatsapp
Pinjam Online

Sekarang kamu tidak perlu pusing ketika membutuhkan uang dalam kondisi mendesak. Ada beberapa pilihan yang bisa digunakan baik secara tradisional maupun yang kekinian dengan memanfaatkan pinjaman online.

Mudahnya pinjaman online cepat cair cukup ktp bisa dilakukan hanya dalam semalam saja. Tentu saja dengan ketentuan jika kamu sudah memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan seperti kondisi finansial serta identitas yang memenuhi syarat.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 350 lebih fintech di Indonesia dengan berbagai produk termasuk pinjaman online untuk usaha, kebutuhan harian, hingga yang sifatnya printilan untuk membeli sebuah kopi di coffee shop. Apapun bentuknya, pinjam online jadi pilihan karena semakin banyak diakses tanpa ribet pinjam ke teman atau keluarga.

Memang, pada dasarnya semua pinjaman online punya bunga. Belum lagi ditambah dengan biaya-biaya admin lainnya. Hal tersebut cukup wajar sebagai konsekuensi pinjaman. Beda jika harus pinjam kepada teman atau keluarga, pasti ada rasa ewuh pakewuh atau gak enakan kepada teman.

Jadi, sangat wajar jika dalam kondisi new normal seperti saat ini masyarakat cenderung memanfaatkan pinjaman online karena dianggap lebih mudah dan juga bisa menjaga gengsi diantara pergaulan di lingkungan pertemanan.

Yang perlu ditingkatkan justru adalah kesadaran masyarakat dalam memilih fintech yang tepat. Misalnya jangan pernah memilih fintech yang belum terdaftar di OJK. Setiap bulan OJK rutin memberikan informasi fintech mana saja yang baru mendapatkan izin operasional maupun fintech abal-abal yang perlu diwaspadai.

Keberadaan fintech bukan hanya membantu masyarakat umum tetapi juga beberapa pengusaha kecil yang membutuhkan modal untuk membuka usaha atau mengembangkan usahanya. Prosesnya dianggap lebih mudah dibandingkan dengan metode konvensional. Apalagi saat ini semua serba online.

Debitur dan kreditur kini tidak perlu lagi bertatap muka atau bertemu secara langsung karena prosesnya sudah dapat digantikan melalui teknologi. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi. Kondisi tersebut justru kini lebih dianjurkan karena dianggap lebih aman dan sesuai dengan protokol kesehatan yang menganjurkan untuk membatasi pertemuan secara langsung yang kurang penting.

Selain itu, pinjaman online menawarkan proses yang cepat. Pendaftaran cukup beberapa menit. Persetujuan pendaftaran maupun pinjaman pun bisa diproses dalam hitungan jam saja. Keuntungannya, debitur tidak perlu repot menggunakan alat transportasi. Tidak juga harus menunggu lama hingga berhari-hari.

Jika debitur dianggap layak, akan mendapatkan pinjaman sesuai dengan yang diajukan. Jika debitur tidak memenuhi syarat pun tetap akan diberikan informasinya secara langsung lewat berbagai channel seperti email, sms, hingga notifikasi dari aplikasi.

Teknologi seperti ini juga ramah lingkungan karena meninggalkan pendaftaran konvensional menggunakan kertas berlembar-lembar. Semua proses pendaftaran paperless lewat fintech. Debitur tinggal mengisi formulir pendaftaran di aplikasi atau website, kemudian mengirimkan beberapa bukti dokumen dalam bentuk foto atau scan.

Namun, perlu diingat bahwa calon debitur juga harus selektif dalam memilih fintech terutama soal suku bunga, biaya admin, serta tenor pinjaman. Tiga komponen pokok tersebut yang harus dipertimbangkan terkait dengan kondisi finansial. Bagaimanapun utang bukanlah tambahan dana melainkan kondisi yang bisa dimanfaatkan dalam situasi yang darurat atau kebutuhan yang mendesak yang harus segera dipenuhi.

Rekomendasi fintech yang menawarkan pinjaman online cepat cair cukup ktp seperti Kredivo yang punya produk bagi member reguler dengan kredit limit maksimal hingga Rp3 juta. Jika ingin kredit limit hingga Rp30 juga tetap harus menunjukkan bukti penghasilan dan dokumen lengkap lainnya.

Suku bunga terjangkau 2,6% per bulan dengan pilihan tenor mulai dari 3, 6 hingga 12 bulan. Bisa juga digunakan untuk belanja online di lebih dari 1000+ merchant online dan offline. Serta dapat digunakan juga untuk berbagai kebutuhan bulanan seperti membayar listrik, telepon, BPJS, PDAM, hingga pembelian tiket pesawat dengan cara dicicil.

Unduh aplikasinya sekarang lewat Google Play Store atau App Store, lakukan pendaftaran hanya 3 menit saja, dapatkan semua manfaatnya dengan proses yang mudah.

Related posts