Simak Tips Cara Membacakan Berita Pada Anak

  • Whatsapp
baca berita ke anak

Pembacaan berita merupakan sebuah keterampilan menarik yang dapat dipelajari dan diasah terus menerus. Mulai dari cara menarik perhatian pendengar, bersikap netral ketika membaca berita, hingga berbagai hal dasar penting lainnya. Hal tersebut dilakukan ketika membacakan berita pada anak dapat dipahami dengan baik dan mudah. Ingin tahu caranya? Yuk simak ulasan berikut ini

Cara Yang Baik Dan Benar Membacakan Berita

1. Penggunaan Intonasi Yang Tepat

Intonasi merupakan tinggi rendahnya suatu nada dalam menyampaikan kalimat pemberitaan. Yang mana anda harus memperhatikan naik turunnya kalimat yang disampaikan kepada anak sehingga tidak terkesan data. Jika intonasi pembacaannya datar, maka dapat membuat anak seperti mendengar seorang robot yang sedang berbicara.

Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan intonasi yang sesuai dengan kalimat yang disampaikan. Agar anak tidak kesulitan memahami berita yang disampaikan tersebut. Untuk mendapatkan intonasi yang baik maka anda harus memahami berita yang ingin disampaikan dengan baik.

2. Memperhatikan Artikulasi

Salah satu cara membacakan berita pada anak dengan benar adalah memperhatikan artikulasi atau kejelasan dalam pelafalan kata-kata yang diucapkan. Kata-kata dengan artikulasi yang tidak jelas terkesan seperti orang yang tidak mengetahui apa yang disampaikan oleh dirinya sendiri dan terlihat seperti orang yang berkumur-kumur.

Kesalahan artikulasi dapat menjadi fatal apabila anak yang mendengarkannya mengalami pergeseran makna dari apa yang dimaksud berita yang disampaikan tersebut. Oleh karena itu sangat penting untuk anda membacanya dengan tepat dan benar agar anak tidak salah memahami makna-makan berita.

3. Irama Dalam Membaca Berita

Irama merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam membaca berita, mulai dari kecepatan, tempo dan lain sebagainya. Tentunya jika anda membaca berita dengan tempo dan kecepatan yang sesuai dapat memberikan pemahaman dengan baik dan benar serta mudah dipahami oleh anak.

Usahakan untuk tidak terburu-buru ketika membacakan berita pada anak, karena anak-anak membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mencerna berita yang disampaikan. Oleh karena itu cobalah untuk memberi jeda yang pas dan sesuai dengan durasi yang tepat dalam pembacaan berita tersebut.

4. Menyesuaikan Konteks

Pada umumnya berita yang disampaikan harus sesuai dengan konteks atau sebuah tema acara, jika acara tersebut formal maka pastikan untuk menggunakan gaya formal. Namun jika acar tersebut acar tersebut sangat santai maka cobalah untuk tidak terlalu kaku dan menggunakan bahas yang baku.

Dengan begitu, jika anda menyampaikan berita pada anak harus disesuaikan dengan konteks yang mudah dipahami dan dimengerti. Karena beberapa bahasa formal yang digunakan pada berita formal dalam membuat anak menjadi bingung serta gagal paham terhadap isi berita yang disampaikan.

5. Tatapan Mata Yang Fokus

Meskipun membacakan berita pada anak sangat mudah, namun anda juga perlu menggunakan cara yang satu ini agar penyampaian berita diterima dengan baik. Cobalah untuk mengatur tatapan mata yang netral dan fokus agar terlihat sangat percaya diri dan mudah dipercayai oleh anak.

Tidak hanya tatapan mata, anda juga harus memperhatikan sikap tubuh yang tegap saat membacakan berita. Meskipun hanya dibacakan kepada anak, namun hal yang baik dan benar dapat dijadikan sebagai contoh yang baik agar terlihat profesional dan telaten dalam membacakan berita.

Itulah beberapa tips atau cara yang dapat digunakan bagi orang tua yang ingin membacakan berita pada anak tentang perjalanan ke San diego hills. Meskipun terlihat susah dan aneh tapi anda wajib mencobanya, karena melalui hal yang dilakukan tersebut anak dapat menerima contoh yang baik yang tentunya dapat ditiru.

Related posts